PERBEDAAN MOBIL KEI CAR DENGAN LCGC (LOW COST GREEN CAR)

Jika kita lihat sekilas, mobil LCGC dengan Kei Car hampir sama, mobil mini dan berkapasitas tenaga kecil. Eitts..tunggu dulu, jika kalian berfikir begitu itu adalah salah. Sebelum mengulas lebih lanjut mari kita harus tahu arti mobil LCGC dan Kei Car. PERBEDAAN MOBIL KEI CAR DENGAN LCGC (LOW COST GREEN CAR).

LCGC adalah singkatan dari Low Cost Green Car yang artinya mobil murah ramah lingkungan. LCGC berada dibawah payung hukum, di Indonesia masuk dalam peraturan Pemerintah No.41 tahun 2013, bersama-sama dengan low carbon emission, mobil listrik dan hybrid biodiesel.

Persyaratan mobil LCGC di Indonesia adalah :

  1. Hemat energi.
  2. Harga terjangkau
  3. Menggunakan tambahan merk Indonesia
  4. Model dan logo yang mencerminkan Indonesia

Spesifikasi mesin acdalah :

  1. Bensin, maksimum 1200cc dengan minimal 1 liter BBM untuk 20 km.
  2. Solar, maksimum 1500cc dengan minimal 1 liter BBM untuk 20 km

Nah, dari semua spesifikasi dan persyaratan terpenuhi, maka pajak atas mobil LCGC adalah 0%. Makanya, mobil LCGC dapat dijual dengan harga yang murah karena komponen pajaknya telah dihilangkan dan mobil ini seadanya saja dari eksterior dan interior.

Sedangkan Kei Car atau Keijidosha dalam bahasa jepang dapat diartikan sebagai mobil dengan dimensi panjang tidak lebih dari 3,5 meter, tidak lebih luas dari 1,5 meter dan tidak lebih tinggi dari dua meter alias mobil ringan. Kapasitas mesinnya pun dibatasi tidak lebih dari 660 cc dengan tenaga maksimum hanya sekitar 63 hp. Mobil jenis ini sangat laris di Jepang.

Kei Car juga sama-sama dibawah payung hukum, di jepang mobil Kei Car mendapat Potongan pajak dengan menggunakan plat berwarna kuning. Banyak perusahaan otomotif memproduksi mobil dengan jenis ini dengan model yang imut dan lucu.

Semoga bermanfaat……

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *