Menguak Sejarah Lahirnya Peringatan Hari ibu 22 Desember

Menguak Sejarah Lahirnya Peringatan Hari ibu 22 Desember – Setiap tahun di tanggal 22 desember kita selalu memperingati Hari Ibu, apakah kalian sudah tau sejaranya kenapa tgl 22 desember dijadikan sebagai Hari Ibu ?

Jika kita menengok kebelakang sejarahnya Hari Ibu, kita tidak bisa lepas akan sosok wanita  yang memperjuangkan hak asasi seorang wanita seperti RA. Kartini, Cut Mutia, Cut Nyak Dien, Walanda Maramis, Dewi Santika. Mereka adalah sosok wanita yang memperjuangkan hak asasi wanita dari penjajah.

Pada tanggal 22-25 desember 1928 tepatnya di Yogyakarta di pendopo kediaman Raden Tumenggung Joyodipoero. Para pejuang wanita dari tanah Sumatera hingga Jawa berkumpul untuk berkumpul mengadakan Kongres wanita Indonesia yang pertama. Nah, dari peristiwa ini yang menjadi tonggak sejarah peringatan tanggal 22 desember sebagai Hari ibu.

Pada masa kolonial, hanya laki-laki saja yang menjadi prioritas dalam mengakses pendidikan, sedangkan wanita pada waktu itu hanya tidak jauh dari urusan kasur, sumur dan dapur.

Melihat dari tercetusnya peristiwa itu, pada kongkres ke 25 yang digelar pada tangga 22 Desember 1953. Melalui Dekrit Presiden RI No.316 Tahun 1953, Presiden Soekarno menetapkan setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *