MALWARE BERNAMA JUDY MENGINFEKSI 36,5 JUTA PERANGKAT ANDROID SE-DUNIA

MALWARE BERNAMA JUDY MENGINFEKSI 36,5 JUTA PERANGKAT ANDROID SE-DUNIA

Baru-baru ini, perusahaan keamanan Check Point menginformasikan laporan yang menyebutkan ada sekitar 36,5 juta perangkat android terinfeksi malware bernama “Judy“. Mengutip dari sumber lain, diketahui ada 44 aplikasi buatan pengembang asal korea bernama Kiniwini yang diterbitkan oleh Enistudio, corp. Aplikasi itu sudah menginfeksikan jutaan perangkat android dan mendulang keuntungan dari klik palsu pada iklan.

Checkpoint menyebutkan, ” ini merupakan penyebaran malware terbesar yang perna terjadi di Google Play Store “. Mendapati laporan tersebut, google pun langsung menghapus seluruh aplikasi yang bersangkutan dari Play Store. Dari 41 aplikasi yang terungkap tersebut, ada malware baru di dalam Gim yang bernama Judy. Ketika mengunduh dan menginstall di smartphone kita secara otomatis aplikasi tersebut mengunduh malware dan datanya dari server non-google.

Nantinya, informasi pengguna (no. tlp) terdaftar didalam gim akan digunakan untuk mengklik iklan google dan menghasilkan uang bagi pihak yang membuat dan menyebarkan malware tersebut.

Trus bagaimana mengaintisipasinya ?

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga perangkat andriod kita tetap aman dari malware judy dan menghindarinya saat online, sebagai berikut :

1.Selalu periksa ulasan

Sekalipun aplikasi kita yang sudah diunduh dari toko yang sah, tidak ada salahnya melihat ulasan para user untuk melihat seberapa besar potensi aplikasi ini (pengguna lain sudah melihatnya jika ada).

2.Perbaiki sistem anda

Selalu pastikan perangkat android menjalankan sistem operasi dan patch kemanan paling terbaru.

3.Gunakan VPN ( Virtual Private Network)

Saat kita terhubung ke jaringan publik, pastikan anda menggunakan VPN. kalau-kalau ada spy malware yang ingin menginfeksi.

4.Gunakan Anti virus

Cari dan pasang anti virus yang bagus untuk smartphone kita, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar yang mengcangkup perlindungan pada perangkat android kita.

5. Gunakan kata sandi “Password” yang kuat

kemungkinan kata sandi “1234” atau yang tidak spesifik dan mudah ditebak, gunakanlah yang spesifik dan gunakan simbol karakter supaya kuat. Pastikan kita ingat password tersebut.

Semoga bermanfaat.

Source liputan6.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *