INILAH 5 FAKTA YANG WAJIB KAMU KETAHUI, MENGENAI PENEMUAN EXOPLANET

Baru-baru ini heboh dengan kabar dari Badang Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat yang bisa kita kenal dengan NASA, secara resmi mengumumkan penemuan exoplanet yakni tata surya baru yang di dalamnya terdapat tujuh planet menyerupai Bumi. NASA sempat menayangkan secara live streaming. INILAH 5 FAKTA YANG WAJIB KAMU KETAHUI, MENGENAI PENEMUAN EXOPLANET menurut independent.co.uk.

Exoplanet dimana sempat menjadi Google Doodle, berpotensi menopang kehidupan organik. Tiga dari tujuh planet yang ditemukan dalam orbit teratur memunculkan batuan sebagai alam dan memiliki temperatur yang memungkinkan adanya air, termasuk samudra. Planet-planet ini secara jangka panjang akan menopang kehidupan dimana akan tersedia oksigen.

Ilustrasi Penemuan Exoplanet. (gadgets.ndtv.com)

Meski bukti kehidupan tersebut tidak ditemukan secara instan, namun tata surya tersebut bisa berkembang selama berabad-abad kemudian. Planet-planet tersebut mempunyai ukuran lebih besar dari planet Jupiter dan berjarak 39 tahun cahaya. Planet penemuan ini, NASA mengatakan masih terlalu mudah dan bisa terus mengalami perkembangan dan yang mengejutkan tata surya ini mempunyai kemungkinan umur 700 kali lebih panjang dari Bimasakti.

Identifikasi planet-planet ini mengunakan transit photometry, dimana para ilmuwan NASA mengunakan Trappist Robotic telescope dari gurun Atacama, Chile. Untuk menemukan tata surya baru tersebut. Telah melacak setidaknya 34 transit menggunakan teleskop Spitzer dan pada akhirnya mereka berani konfirmasi keberadaan tujuh planet di tata surya baru.

Kondisi di Exoplanet mungkin akan lebih gelap dan hangat dari pada bumi. Situasinya dikatakan 200 kali lebih gelap dari bumi dan akan terdapat perbedaan lama waktu siang ke malam. Namun selebihnya, kemungkinan pola kehidupan dikatakan sama dengan Bumi.

Dan yang terakhir adalah ini hanyalah awal dan permulaan karena masih banyak terdapat 40 Milyaran bayangan yang belum diidentifikasi di luar tata surya kita Bimasakti. Exoplanet pertama ditemukan pada tahun 1992 dan setelah itu terdapat 3.500 baru yang berlokasi di 2.675 sistem Bintang.

Source : bintang.com, youtube

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *