TIPS MENGENDALIKAN KETERGANTUNGAN GADGET

Saat ini siapa yang tidak kenal gadget, orang kota, orang daerah, orang dewasa, anak-anak, sudah sangat familiar dengan yang namanya gadget, sebut saja handphone atau Tab. Benda yang pada awalnya dibuat untuk orang dewasa, kini sudah berubah menjadi mainan anak-anak juga.Tidak sedikit orangtua yang memfasilitasi anaknya dengan gadget, dengan alasan salah satunya adalah biar anak tidak rewel. Saat ini sudah menjadi pemandangan biasa, jika mendapati satu keluarga berkumpul secara fisik namun sibuk dengan gadgetnya masing-masing, ngobrol dengan orang jauh, sementara orang yang jelas ada di dekatnya di biarkan saja.

Kalau tidak sibuk chat dengan gadgetnya yah sibuk bermain game. Iyah “game” yang identik dengan anak-anak, dimainkan juga oleh orang dewasa, game online yang kemudian banyak yang menjadi kecanduan memainkannya.

Teknologi dan kemajuannya sebenarnya merupakan kemajuan yang positif. Jika kemudian timbul efek yang kurang baik atau negatif, itu dikarenakan yang memanfaatkan teknologinya. Ada yang menggunakannya untuk kepentingan negatif.
Gadget untuk orang dewasa saja sudah sangat menarik, apalagi jika dikenalkan pada anak-anak yang isinya game. Orang dewasa pun senang dengan game. Bedanya mungkin orang dewasa bisa dengan mudah dikendalikan sementara anak-anak agak sulit karena memang dunia mereka masih dunia bermain. Hanya saja tetap kalau bermainnya banyak dengan gadget akan memberi dampak yang kurang baik.

Berikut beberapa tips mengendalikan  anak ketergantukan gadget:

  • Disiplin, orang tua harus disiplin membuat aturan kapan anak boleh pegang Hp atau Tabnya untuk bermain. Misal hanya boleh main game di hari Sabtu-Minggu, pada saat liburan panjang pun, berlakukan jangan sampai sepanjang liburan anak tidak lepas dari gadget.
  • Jangnan biasakan memberi anak gadget biar anteng.
  • Beri anak kegiatan yang menarik, itu baik untuk orangtua jadi kreatif.
  • Ajak anak bercerita dan baca buku bersama.
  • Ajak bermain ke alam terbuka.
  • Jangan biarklan anak memiliki gadget sejak dini,jika dirasa belum perlu, jangan.

Nah..Itulah beberapa tipsnya dari saya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *