PASPOR DI DUNIA CUMA PUNYA 4 WARNA, TAU ALASANNYA?

Sudah pada tau kan kegunaan dari paspor? Paspor ditiap negara memiliki desain yang beda-beda. Namun, untuk warna tenyata hanya ada 4 warna saja yaitu merah, biru, hijau dan hitam. PASPOR DI DUNIA CUMA PUNYA 4 WARNA, TAU ALASANNYA? Sebagai berikut seperti yang dilansir dari brightside.

1.Merah

Warna ini adalah yang paling umum. Paspor dengan sampul merah ini sering dipilih dari negara-negara dengan sistem komunis. Diantaranya seperti Slovenia, Cina,  Serbia, Rusia, Latvia dan Rumania. Selain  itu negara uni Eropa juga sempat merubah menjadi merah dan negara-negara Andes seperti Bolivia, Kolombia, Ekuador dan Peru juga memiliki paspor berwarna merah.

2.Biru

Warna ini juga termasuk umum, paspor biru melambangkan “Dunia baru”. Sebanyak 15 negara di karibia memiliki paspor biru, bahkan negara-negara Amerika Selatan seperti Brasil, Argentina dan Paraguay memakai warna biru kecuali Venezula. Paspor Amerika Serikat juga berubah warna biru sejak tahun 1976.

3.Hijau

Nah kalau hijau biasanya dipilih sebagian besar negara-negara Muslim. Seperti Maroko, Arab Saudi dan Indonesia. Warna hijau merupakan simbol alam dan kehidupan. Beberapa negara di Afrika barat juga memilih warna hijau seperti Burkina faso, Nigeria, Pantai gading dan Senegal.

4.HItam

Paspor dengan warna hitam ini cukup langka digunakan. Sejumlah negara di Afrika seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, kongo dan Malawi. Selandia baru juga menggunakan warna ini. Hitam dipilih karena warna nasional negara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *